HOT BISNIS

Sabtu, 08 Oktober 2011

CERITA SEKELOMPOK SEMUT

semut12
A berkata : tumben jam gini, adik belum pulang kemana ya?? (sambil lihat jam)
Suara orang ketuk pintu ( thok… thok… thok….)
Sekilas adiknya masuk rumah…
A berkata : assalamu’aikum dik…
B berkata : wa’aikumsalam (sambil manyun)
A berkata : kenapa manyun, gitu???
Pulang sekolah senyumlah, ganti baju trus makan gitu kan asyik lihatnya.
B berkata : sebel ma teman, tadi aku diledekin….
biarin aq gak akan menyapa dia, tak diemin sampai dia minta maaf duluan :D
A berkata : kagak boleh, klau mau jadi adikqu gak boleh diamin temannya
Masak kalah ma semut sih???
B berkata : hem…………………..
Mang ada apa dengan semut kak????
A berkata : pernah lihat semut marahan, ketemu temannya gak disapa???
B berkata : setahuqu klau semut berpapasan pasti berhenti sejenak seolah saling bersalaman …
A berkata : benar sekali kamu dik. semut aja yang sibuk saling menyapa saudaranya ..
Jadi kita harus saling bertegur sapa klau gak mau lebih rendah dari semut dan di agama kita dilarang mendiamkan saudara yang lain lho..



BELAJAR DARI SEMUT

Semut adalah hewan kecil yang sering kita jumpai dimana saja. Banyak dari mereka hidup berkelompok. Mereka saling sibuk kesana dan kemari untuk mencari makanan. Keberadaan mereka itu seringnya membuat kita merasa terganggu. Padahal jika kita perhatikan banyak pelajaran yang kita petik.
Ada beberapa sifat dan peran semut yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu :
1. Pekerja keras
Kita lihat saja dimana ada makanan yang jatuh dengan sigap dan cepat pasti kita akan menjumpai seekor semut. Terkadang kita berpikir kok mereka semut) bisa tahu kalau ada makanan yang jatuh? Dan dari mana mereka datang? Ternyata mereka ada dimana -mana yang mereka pikir mereka bisa hidup aman dan dapat berkembang biak.. Mereka tak kenal lelah mengunpulkan makanan untuk persiapan hari esok,.baginya tidak ada waktu yg ia sia siakan melamun atau berdiam diri itu bukan gaya hidup semut, karna semut tak seperti manusia yang menghabiskan waktu nya berlarut larut hanya berdiam duduk termenung dan hanya menunggu keahaiban datang
Pembelajaran : seekor semut yang kecil dan berumur pendek saja bekerja keras siang malam mencari makan baik untuk merekea sendiri dan generasi penerus juga, bagaimana dengan kita? Apakah kita sudah bekerja keras untuk diri kita, keluarga kita maupun anak-anak kita?
2. Tim yang baik
Sering kita jumpai jika semut mendapat makanan yang banyak ataupun besar mereka tidak akan membawanya sendiri, selain mereka mungkin tidak kuat ternyata mereka ingin berbagi dengan sesama semut lainnya. Mereka ingin semua merasakan kegembiraan tersebut.
Pembelajaran : semut saja mampu bekerjasama dengan baik antara satu dengan lainnya, apakah kita sudah demikian? Mampu bekerja sama dengan baik dengan keluarga kita, pasangan kita atau dengan atasan, rekan dan bawahan kita?
3. Hidup gotong royong
Kecil milik kita besarpun juga milik kita. Mungkin itu yang ada di benak semut. Mereka dengan semangat yang tinggi mau membangun rumah mereka. Segenap upaya mereka kerahkan agar dapat menyelesaikan rumah mereka dengan cepat dan kokoh.
Pembelajaran : semut saja mampu menjaga suatu kebersamaan agar apa yang menjadi visi dan misi cepat terealisasi. Sudahkah kita (manusia) dengan atasan, bawahan, keluarga, teman, tetangga maupun orang lain sudah menjalin kebersamaan dan hidup saling tolong menolong?
4. Saling bertegur sapa
Selalu jalan dalam satu jalur, tapi juga saling menyapa. Mereka sangat menjaga kebersamaan. Entah itu sesama prajurit maupun sama patih mereka (semut), mereka tetap bertegur sapa.
Pembelajaran : sudahkah kita sebagai makhluk sosial saling menjaga akan silaturahmi dan persahabatan? Saling bertegur sapa satu sama lain dan saling menghormati orang lain?
5. Suka menabung
Kita lihat saja semut suka sekali mengumpulkan sisa makanan dari makhluk lain untuk dibawa ke dalam lubang semut mereka. Walaupun umur semut pendek tapi semut mempunyai banyak stok makanan untuk hari-hari esok mereka. Mereka tidak ingin menyia-nyiakan hidup mereka untuk hal-hal yang tidak berguna.
Pembelajaran : apakah kita sudah menabung untuk masa depan? Apakah kita sedang menyia-nyiakan hidup kita dengan banyak melakukan hal-hal yang tidak berguna?
6. Suka berbagi
Tiap mendapat makanan, semut akan dengan senang hati membagikan serta memakannya bersama-sama. Membiarkan semua semut juga ikut merasakan dan menikmati makanan tersebut.
Pembelajaran : sudahkah kita berbagi kepada lainnya? Sudahkah kita memberikan sesuatu dari diri kita untuk orang lain? Sudah cukupkah apa yang kita beri itu?
Banyak hikmah yang dapat kita ambil dari seekor semut. Kita sebagai manusia yang diberi banyak fungsi anggota tubuh dan otak sudah seharusnya kita bisa menggunakannya secara maksimal!

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | DreamyDonkey

Tidak ada komentar:

Posting Komentar